AYO BERSIH - BERSIH


Tuhan berada didalam dan diluar. Jika Tuhan hanya berada didalam kesucian batin sudah cukup. Karena Tuhan juga berada diluar, engkau perlu memiliki kesucian lahir dan batin; kemudian barulah engkau dapat menghayati kemahaadaan Tuhan. Apa yang dimagsud dengan kecucian lahir ini? sudah tentu kesucian lahir berarti mengucilkan(membersihkan) badan dengan memakai pakain yang bersih. Tetapai ada arti yang lebih luas. Tempat tinggalmu harus bersih. Buku-buku yang engkau baca juga harus tetap besih. Baik badan atau pikiranmu jangan biarkan menumpuk kotoran dan sifat-sifat yang buruk. Pernyataan bahwa engkau harus mandi dua kali sehari berarti setiap kotoran pada badan dan dalam pikiran harus dibersihkan. Kalau daki menebal, kuman akan bersarang dan membawa penyakit . karena itu jangan kau biarkan kotoran apapun tetap berada pada dirimu.

Setiap pagi engkau harus membersihkan gigi dengan sikat dan pasta gigi, juga membersihkan lidahmu. Jangan kau biarkan ada kotoran dipintu utama. Kalau ada air kotor diluar, nyamuk, cacing, belatung dan bakteri-bakteri akan bersarang. Begitu pula kalau ada kotoran dibadanmu, kuman-kuman dan kutu akan bersarang. Bukan hanya itu sekitar rumahmu juga harus bersih. Apa pribahasa di negara Andhra,”Lihat rumahnya dan engkau akan mengetahui penghuninya” dengan kata lain kebersihan rumah mencerminkan kebersihan diri, hal itu dimagsudkan untuk kebaikkanmu. Baik rumah maupun daerah sekitarnya, kalau semuanya bersih , engkau akan berbahagia. Engkau harus menjaga ketertiban dan kebersihan dirimu sendiri dan tempat sekitarmu agar dapat menikmati hidup yang sehat.; bila engkau sehat engkau selalu bahagia.

Mungkin engkau hanya mempunyai dua setel pakain, tetapi bila satu setel engkau pakai, engkau harus menyimpan yang lain dalam keadaan bersih. Kemudian engkau dapat mengganti pakaian dan mencuci yang pertama. Sebenarnya bahkan tidak perlu mempunyai dua setel pakaian; satu setel cukup asal dijaga agar tetap bersih setiap hari. Apapun yang engkau miliki harus dijaga agar tetap bersih; jangan biarkan dirimu menjadi kotor tetapi hanya membersihkan bagian luar dan memakai pakain bersih, sementara membiarkan hatimu kotor tidak ada gunanya. Engkau juga harus berusaha keras memelihara kesucian batin. Untuk ini engkau perlu menjaga kesucian pikiran dan perasaanmu. Arahkan pikiranmu kepada apengabdian bagi orang lain. Jangan biarkan kedengkian memasuki dirimu. Berusahalah membina perasaan riang. Tidak perlu engkau ikut meributkan urusan orang lain. Dalam hubungan ini weda menyatakan, “ Semoga seluruh dunia berbahagia.” Membuatmu meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan seluruh dunia adalah dasar keyakinan Weda dan merupakan tujuan pengalaman weda. Karena itu, nama Tuhan yang suci harus kau renungkan dengan tiada putusnya sehingga hatimu tersucikan. Hanya bila engkau menjaga baik-baik kesucianmu lahir dan batin, engkau akan mampu mencegah masuknya pikiran buruk serta sifat-sifat jahat seperti kedengkian dan kebencian.(penggal wacana Svami dlm Inti Sari Buku Bhagavat Gita)

Lebih jauh dlm buku Kesaktian dan Keampuhan Matra Gayatri Baba menasehati kaum muda agar mereka mengucapkan Matra gayatri pada waktu mandi. Mengapa?Baba berkata Bahwa bila kita mandi kita membersihkan tubuh kita. Karena itu kita harus menggunakan kesempatan ini untuk sekaligus membersihkan pikiran dan budi kita.